MENU

Multimedia

Jurusan Multimedia

         Masih banyak orang yang bingung dengan istilah multimedia. Pada awalnya istilah multimedia digunakan untuk presentasi atau pembelajaran yang dapat ditampilkan dalam banyak media dan dalam berbagai cara. Dan sekarang, sejalan dengan berkembangnya teknologi, media-media untuk menampilkan informasi sudah bertambah banyak seperti website, handphone, pada, plasma tv dan laser performence. Ini yang kadang membuat bingung sebagian orang sehingga istilah multimedia harus dibagi kembali dalam berbagai kategori. Karena jika dilihat sekarang, semuanya adalah multimedia. Teknologi Multimedia dapat memberikan suatu sensasi atau pengalaman unik bagi mereka yang melihatnya. Karena multimedia melibatkan indera manusia seperi penglihatan, pendengaran, dan juga perasaan. Dan informasi yang ditampilkan dengan teknologi multimedia dapat menghipnotis penonton sehingga apa yang ingin disampaikan dapat dipahami dan dicerna dengan mudah oleh mereka Di Indonesia, SDM (Sumber Daya Manusia) dalam bidang multimedia bisa dikatakan sangat sedikit dibanding dengan kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin terjun ke dalam bidang ini masih belum terlambat. Pekerjaan-pekerjaan dalam bidang multimedia sangatlah banyak seperti Grafis Designer, Webmaster, Web Designer, Animator, Programmer, Database Administrator,Photographer, Videographer,Designner Video Clip dan Designer Editing Video. Anda bisa bekerja di televisi, agen periklanan, rumah produksi, perusahaan pembuat website, dll. Multimedia adalah integrasi atau penggabungan dari semua unsur tersebut. Oleh karena itu bila membicarakan Multimedia, seperti membicarakan suatu samudra yang sangat luas. Jadi Anda harus fokus dalam bidang tertentu, kita tidak bisa menguasai semuanya.

Tujuan diadakannya Kompetensi Keahlian Multimedia adalah :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni.
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi khususnya kompetensi keahlian multimedia agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi khususnya program keahlian multimedia.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan

Stndar Kompetensi Dasar Multimedia antara lain :

  1. Memahami etimologi multimedia/ Mendeskripsikan tentang multimedia.
  2. Menjelaskan multimedia content production.
  3. Menjelaskan multimedia communication.
  4. Memahami alir proses produksi produk multimedia
  5. Menjelaskan proses production multimedia.
  6. Menjelaskan proses post production multimedia.
  7. Merawat peralatan multimedia
  8. Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.
  9. Mengelola isi halaman web
  10. Memeriksa links dan navigasi.
  11. Mengedit informasi sesuai kebutuhan.
  12. Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
  13. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi Mengoperasikan kamera video.
  14. Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar.
  15. Mengoperasikan kamera.
  16. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia.
  17. Membuat sketsa, Menggambar perspektif, Menggambar objek, dan Menggambar ilustrasi
  18. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi.
  19. Membuat gambar kunci.
  20. Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
  21. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip.
  22. Membuat gambar tiga dimensi.
  23. Menguasai dasar animasi stop-motion.
  24. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia.
  25. Menggunakan software grafik multimedia 2D.
  26. Menciptakan design grafik Multimedia 2D.
  27. Menampilkan karya seni digital 2D.
  28. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia.
  29. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia.
  30. Membuat story board aplikasi multimedia.
  31. Merencanakan alur isi story board.
  32. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
  33. Menerapkan efek khusus pada objek produksi.
  34. Menyusun proposal penawaran.
  35. Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan.

KOMENTAR